Penyakit Kanker Usus Besar

Penyakit kanker usus besar-dubur (kolo-rektal) merupakan kanker yang menyerang daerah usus besar hingga dubur. Perkembangan kanker ini sangat lambat, sehingga sering diabaikan oleh penderita. Pada stadium dini, sering kali tidak ada keluhan dan tidak ada rasa sakit yang berat. Penderita kanker usus jenis ini umumnya datang ke dokter setelah timbul rasa sakit yang berlebihan (stadium lanjut), sehingga pengobatannya menjadi lebih sulit.

Kemungkinan terkena penyakit kanker usus besar-dubur antara pria dan wanita adalah sama besar. Di Indonesia, orang yang sering terserang kanker ini adalah mereka yang berusia sekitar 30 tahun dan sekitar 60 tahun. Meskipun demikian, kanker usus besar dubur bisa mulai menyerang orang pada usia muda sampai usia lanjut. Presentase terbesar serangan kanker ini adalah daerah rektum, yaitu sekitar 56,8%, dubur sekitar 3,7%, usus besar sekitar 35,3%, dan sekum sekitar 4,2%.

Faktor resiko penyebab terjadinya penyakit kanker usus besar adalah :

  1. Faktor keturunan, termasuk riwayat keluarga yang pernah menderita polip usus.
  2. Pernah menderita polip usus.
  3. Pernah menderita radang usus
  4. Pernah menderita kanker payudara atau kanker kandungan.
  5. Pernah menderita kanker usus besar.
  6. Pola makan yang tidak sehat, terutama banyak mengonsumsi lemak dan daging, tidak menyukai sayuran, banyak mengonsumsi makanan yang mengandung bahan pengawet atau pewarna dan sering mengonsumsi makanan yang dibakar atau dipanggang.

Gejala yang timbul pada setiap stadium dapat berbeda-beda. Berikut beberapa gejala pada kanker usus besar-dubur :
1. Gejala saat stadium dini, diantaranya buang air besar yang bercampur darah dan lendir (bloody stool), serta kebiasaan buang air besar yang berubah-ubah, kadang-kadang tinja sangat encer dan kadang-kadang sulit buang air besar.

2. Gejala saat stadium lanjut sebagai berikut, perut terasa nyeri, kembung, dan tegang, kadang-kadang jika diraba terasa ada benjolan pada perut, nafsu makan menurun, keluar darah dari dubur, tanda-tanda adanya penyempitan dan penyumbatan dari usus besar-dubur seperti susah buang air besar.


=====================================

>>> Keladi Tikus (Typhonium Flagelliforme) Membantu Menghambat Pertumbuhan Kanker/Tumor dan Memelihara Daya Tahan Tubuh, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Kanker Usus and tagged , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>